Tuesday, August 3, 2010

Stres? Kenali Gejala-gejalanya

Dunia semakin hari semakin banyak dipenuhi orang-orang yang stres. Tidak ada satu pun pemerintah di bumi ini yang bisa memastikan bahwa penduduk negaranya bebas dari masalah yang satu ini.

Mengenali gejala-gejala stres dapat menjadi solusi bagi Anda agar terhindar dari resiko terkena stres. Apa sajakah gejala-gejala tersebut? Berikut uraiannya

Sakit otot

Rasa sakit di leher yang cukup lama mungkin terjadi karena Anda duduk terlalu lama di depan komputer, namun hal ini bisa juga terjadi karena Anda sedang tertekan. Stres mempengaruhi sistem kerja otot, sehingga menimbulkan tegang dan kejang pada otot. Untuk mengatasinya, ambil nafas dalam-dalam sebanyak 5-10 kali dan relakskan tubuh. Untuk melemaskan otot leher, putar leher perlahan atau minta pijat pundak dari orang-orang di sekitar Anda.

Mata kejang

Jika salah satu mata Anda sering berkedut, maka bisa jadi ini juga merupakan dampak dari stres. Untuk mengatasi hal ini, tutuplah mata sambil membayangkan tempat yang menyenangkan. Jaga mata agar tidak sampai terlalu letih. Jika Anda menatap lama ke layar komputer, maka belokkan pandangan tiap 20 menit sekali ke arah lain. Jika tidak, tutuplah mata Anda dan bayangkan keindahan alam yang pernah Anda datangi.

Kulit kasar

Apakah kulit dan kuku Anda tampak kusam tak terpelihara? Coba ingat, apakah saat gelisah Anda selalu menggigit bibir atau kuku? Hal ini lebih sering dilakukan oleh kebanyakan wanita. Untuk menghindari kerusakan kulit dan kuku, carilah pelarian yang lain, misalnya dengan meremas-remas bola karet kecil, atau hal lain yang tak melukai tubuh. Ini bisa menjadi pelampiasan sehat untuk pikiran yang sedang galau.

Baca Selengkapnya : http://www.jawaban.com/index.php/health/detail/id/68/news/100803170521/limit/0/Stres-Kenali-Gejala-gejalanya

 

No comments:

Post a Comment

My Blog List