Tuesday, September 14, 2010

Cara Sehat Memenuhi Kebutuhan Protein

Protein dapat menurunkan gula darah Anda dan Anda tetap bisa merasa lapar. Mari kita pelajari bagaimana menikmati manfaat gizi dari sumber protein terbaik.

1. Sushi, makanan sehat yang kaya akan protein. Sushi akan memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan protein serta serat dan umumnya rendah kalori.  

2. Jangan lupakan telur. Telur selama bertahun-tahun seringkali difitnah sebagai makanan tinggi kolesterol. Namun pada kenyataannya, telur merupakan sumber protein yang paling baik dan juga murah. Telur juga merupakan sumber protein yang memiliki gizi paling lengkap dibandingkan sumber protein lainnya. Sebutir telur rebus mengandung 7 gram protein dan hanya 2 gram lemak jenuh. Untuk menghindari lemak jenuh, gunakan putih telurnya saja dan buang kuning telurnya. Atau Anda bisa mengolahnya dalam bentuk lain (disajikan dengan seporsi sayuran) dengan membuat omlet yang digulung bersama dengan bayam yang kaya serat dan zat besi. Dalam penelitian, mereka yang makan telur dan roti panggang sebagai menu sarapan akan merasa kenyang lebih lama dan lebih sedikit mengkonsumsi kalori dalam sehari dibandingkan mereka yang sarapan roti dan krim keju. Telur memang mengandung cukup banyak kolesterol, namun puluhan penelitian menunjukkan bahwa itu adalah lemak jenuh dan bukan diet kolesterol yang dapat meningkatkan kadar kolesterol seseorang.

3. Pilihlah daging sapi bagian pinggang (sirloin), daging sapi yang paling ramping. Penyajian dalam 3 ons sirloin mengandung 196 kalori dan 10 gram lemak. Bagian paling ramping lainnya adalah bagian bawah (218 kalori, 13 gram lemak), lalu bagian pembuangan dan daging (keduanya mengandung 231 kalori dan 15 gram lemak).

Selengkapnya :

http://www.jawaban.com/index.php/health/detail/id/66/news/100914155504/limit/0/11-Cara-Sehat-Memenuhi-Kebutuhan-Protein

No comments:

Post a Comment

My Blog List