Wednesday, September 1, 2010

Sejarah Lahirnya Bau Badan di Tubuh Kita

Pada waktu kita masih bayi, kita belum memiliki bau badan tapi memiliki bau khas yang disebut dengan ‘milky’. Semakin dewasa, seseorang bisa memiliki bau badan. Pertanyaannya, di usia berapakah bau badan seseorang mulai muncul? Bau badan muncul ketika setiap orang mengalami pubertas.

Jenis-jenis kelenjar keringat, Tubuh manusia memiliki dua kelenjar keringat, yaitu kelenjar keringat eccrine dan juga kelenjar keringat apocrine.

Kelenjar keringat eccrine ini sebagian besar mengandung air dan garam serta merupakan bagian dari sistem pengkondisian udara tubuh, seperti penguapan untuk menjaga tubuh tetap dingin. Tubuh bayi harus tetap dingin, sehingga kelenjar ini dapat mulai bekerja jauh sebelum anak-anak mencapai pubertas. Tentu saja dingin di sini, tidak mencapai suhu beku tapi punya dingin yang normal. Kelenjar keringat apocrine berada di akar rambut dan mengandung asam lemak, protein serta lebih tebal dibandingkan dengan kelenjar keringat eccrine. Kelenjar ini tidak dikeluarkan untuk mendinginkan tubuh, tapi dikeluarkan ketika seseorang merasa di bawah tekanan (stress emosional, stress fisik dan juga karena gairah seksual). Kelenjar inilah yang menimbulkan bau dan belum bekerja jika seseorang belum mencapai pubertasnya.

Bagaimana cara kelenjar menghasilkan bau badan, baca selengkapnya :

http://www.jawaban.com/index.php/health/detail/id/67/news/100901170402/limit/0/Sejarah-Lahirnya-Bau-Badan-di-Tubuh-Kita

No comments:

Post a Comment

My Blog List