Monday, November 1, 2010

7 Cara Membuat Telur Aman Untuk Dimakan

Siapa yang tidak suka makan telur? pastinya rata-rata orang suka, saya sendiri cukup sering makan mie instan pakai telur. Dan berikut ada 7 Cara Membuat Telur Aman Untuk Dimakan dari jawaban.com, semoga berguna bagi kita semua.
 
Direbus - Cara ini bukanlah metode memasak yang hanya populer di rumah saya pada saat paskah. Dengan dua anak laki-laki berusia remaja dan seorang suami yang mencintai telur, saya harus sering merebus telur. Jika saya tidak membuat sekaligus banyak, pasti ada yang tidak akan kebagian. Saya memiliki kompor listrik jadi saya tinggal membawa panci air dan mendidihkan telur selama 10 menit. Sebenarnya telur akan terus termasak karena kompor listrik membutuhkan waktu yang lama untuk mulai dingin.
 
Direbus dengan memecahkan telur terlebih dahulu - Ini adalah cara yang biasa ibu gunakan untuk memasak telur sebelum saya berangkat ke sekolah. Kakek saya akan membuatnya dengan cara yang tradisional, namun kami memiliki wajan telur untuk berburu yang membuatnya menjadi lebih mudah. Metode berburu tradisional untuk merebus telur melibatkan panci air mendidih dengan sedikit cuka putih di dalamnya. Saat air sudah mendidih, aduklah air untuk membentuk semacam tornado mini sepeti air berputar. Anda kemudian memecahkan telur dan memasukkannya ke tengah putaran. Jika Anda dapat membuat air itu terus berputar, telur akan tampak lebih cantik saat masak. Anda harus memasaknya paling tidak selama 3 menit. Tapi saya lebih senang jika dimasak selama 5 menit agar kuning telurya tidak lagi encer.
 
Telur orak-arik - Ini adalah cara favorit anak saya untuk mendapatkan telur setengah matang saat ia masih kecil. Ia bahkan belajar untuk membuat telur orak-arik ketika usianya masih sangat muda. Saya suka mencampurkannya dengan lada hitam, serpihan bawang, dan satu sendok makan saus. Saya pastikan untuk memasaknya sampai telur tak lagi terlihat basah di panci. Beberapa orang justru senang yang agak basah.
 
Katak dalam lubang - Saya yakin orang lain mungkin akan mengenalnya dengan nama yang berbeda namun saya mengenalnya dengan sebutan katak dalam lubang. Ambillah sepotong roti, sebaiknya roti gandum karena lebih kuat, dan robek tengahnya. Pastikan untuk meninggalkan bagian tepinya. Balikkan wajan dengan api sedang tinggi dan kemudian tempatkan sepotong roti dalam panci. Setelah sebelumnya panci dipanaskan, pecahkan telur dan tuangkan telur ke dalam lubang irisan roti. Saya biasanya menutup pancinya sehingga dapat masak lebih lama. Matangnya telur dapat Anda atur sesuai selera.
 
Telur mata sapi - Ayah saya mengajarkan bahwa membuat telur mata sapi dengan rasa terbaik akan didapatkan melalui wajan bekas memasak daging. Setelah daging selesai dimasak dan panci masih panas, pecahkan telur ke dalam wajan. Agar kuning telur terlihat sempurna, lemparkan minyak panas ke atas telur. Minyak yang panas akan mematangkan telur secara utuh, dan membiarkan bagian atas tampak cukup bulat. Ketika saya selesai memasak babi dan sapi, saya menemukan bahwa sedikit margarin di panci dan air dapat menghasilkan telur dengan penampilan serupa. Saya memanaskan margarin dan menambahkan telur dengan membiarkan bagian bawahnya sedikit masak. Setelah putih telurnya terlihat dengan jelas, saya tuangkan secangkir air dan meletakkan tutup di atasnya.
 
Omelet (telur dadar) - Sabtu adalah hari omelet di rumah nenek saya. Saya selalu membantunya dengan mengaduk-aduk telur dan menambahkan bahan ke telur sebelum membuang seluruh adonan ke dalam wajan untuk dimasak. Nenek memotong semua bahan dan memasaknya secara terpisah di dalam wajan. Nenek kemudian memiliki pan dadar kecil yang indah dan ia tambahkan orak-arik ke dalamnya. Begitu nenek membalik telur dadar, ia kemudian menambahkan bahan matang dan beberapa keju di atas telur. Nenek meletakkan bahan hanya pada satu sisi telur sehingga ia dapat melipat setengah bagian lainnya di atasnya. Ketika telur selesai dimasak, omelet buatan nenek lebih mirip taco tebal penuh dengan sayuran. Rasanya sangat lezat!
 
Sandwich telur - Saya selalu makan sandwich telur untuk memastikan telur yang dimasak semuanya masuk ke dalam sandwich. Sandwich sagat baik untuk sarapan maupun makan malam. Yang harus Anda lakukan adalah menggoreng telur dan meletakkannya ke dalam roti.

No comments:

Post a Comment

My Blog List