Wednesday, August 11, 2010

Hubungan Amandel (tonsil) dengan batuk berdahak

Hubungan Amandel (tonsil) dengan batuk berdahak

 

Pertanyaan :

Malam Dok,.. Saya ingin bertanya mengenai tengorokan saya yang selalu berdahak, tidak selalu batuk-batuk memang. Tapi setiap selesai makan pasti batuk berdahak dan seperti ada yang nyangkut di tengorokan. Oh ya, setiap pagi saya selalu pilek. Ada dokter yang bilang AC terlalu dingin, alergi, dll. Saya sudah ke tiga dokter berbeda dan tidak ada hasil. Memang beberapa (5) tahun yang lalu saya pernah memeriksakan telinga kiri saya yang kurang dengar, dan kata Dokter THT saya harus operasi amandel, karena amandelnya lumayan besar. Tapi tidak saya lakukan karena merasa tidak ada hubungannya, dan jujur takut dengan operasi. Tapi apakah benar demikian, dan apakah ini ada hubungannya dengan berdahak? Mohon pencerahannya.

 

Dokter OBI Menjawab :

Sangat berhubungan erat. Amandel (tonsil) yang membesar atau bengkak dapat menimbulkan gejala seperti batuk berdahak, sulit menelan, nyeri. Ketika semakin membesar dapat menyebabkan kesulitan bernafas. Saran saya coba hindari makanan / minuman yang terlalu dingin, panas, pedas, asam, maupun berminyak untuk mencegah amandel semakin membesar. Bila belum memberikan hasil, operasi tonsilektomi merupakan pilihan terakhir.

 

http://www.jawaban.com/index.php/health/detail/id/71/news/100107221244/limit/0/Dahak-yang-Tak-Kunjung-Hilang.html

No comments:

Post a Comment

My Blog List