Sunday, October 17, 2010

Benjolan di Ketiak Kanan dan Gatal-gatal

Artikel tanya jawab dengan dokter OBI.
Dokter, saya sedang hamil jalan 2 bulan..Belakangan ketiak kanan saya gatal-gatal dan ada benjolan. Besarnya kira-kira 1 ruas jari. Saya sudah lama mengetahui bahwa ada benjolan di ketiak kanan saya, sekitar umur 18 tahun, sekarang usia saya 23 tahun. Saya pernah tanya dokter, katanya ada kelenjar susu, dan kata dokter tersebut itu tidak apa-apa. Saya mohon infonya Dokter, apakah itu berbahaya? Karena saya juga sekarang sedang hamil muda. Terima kasih.
 
Dokter OBI Menjawab :
Pada ketiak terdapat kulit, lemak, otot, saraf, dan pembuluh darah dan kelenjar getah bening. Pembesaran / timbulnya benjolan dapat disebabkan dari salah satunya, namun yang paling sering adalah lemak dan pembesaran kelenjar getah bening. Bila tidak menimbulkan rasa sakit hebat, maupun bertambahnya ukuran, tidak ada yang perlu dikuatirkan, hindari memencet terus menerus maupun menggaruk karena dapat menimbulkan infeksi. Bila keluhan bertahan dan benjolan membesar, sebaiknya periksakan diri ke dokter.
 

No comments:

Post a Comment

My Blog List